Selasa, 12 Februari 2013

Sayyidul Istighfar

Pertanyaan Oleh : Ajeng Naraisya


assalamu'alaikum... sahabat mulia..muga dirahmati Allah...
ku mau bertanya..
apa keistimewaan "sayyidul istighfar dan mengapa ia dinamai sayyidul istighfar"
terimakasih....

Jawaban :

Wa'alaykum salaam... Dari Abdullah bin Abbas, bahwa Rasulullah SAW bersabda : Siapa orangnya yang memperbanyak istighfar, niscaya Allah menjadikan untuk setiap kesedihannya jalan keluar; dan untuk setiap kesempitannya kelapangan dan Allah memberinya rezeki (yang halal) dari arah yang tidak disangka-sangkanya (HR Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Hakim).
(Ilham Sandy Firtha)

Barangsiapa mengucapkannya (yaitu membaca sayyidu istighfar) disiang hari dalam keadaan yakin dengannya kemudian dia mati pada hari itu sebelum petang hari, maka dia termasuk penduduk syurga dan siapa yang mengucapkannya di waktu malam hari dalam keadaan dia yakin dengannya, kemudian dia mati sebelum shubuh maka dia termasuk penduduk syurga. (HR. Al-Bukhari Fathul Baari 11/97)
(Solihin Gubes)

namun pengucapannya haruslah dgn pengenalan...
Atau segalany akan gugur ... Hampa
di situ tertulis dengan YAKIN

dan YAKIN tidaklah cukup di lisan saja, butuh pengenalan diri yang mendalam...
Bagi yang telah mengenal akan diri maka akan tampaklah padanya wujud asli hamba yaitu LA HAULA WALA QUWWATA ILLA BILLAHI , maka terbebaslah hamba itu dari belenggu syirik khofi yang merantai dan mengikuti kehidupannya..

Ketika hamba paham akan ketiadaannya, maka timbullah YAKIN yang tiada terkira...
Sungguh aneh bila ada manusia yang merasa bangga karena merasa telah banyak beramal... Padahal ia lemah selemah lemahnya
(Diri Berdiri)

Sayyidul Istighfar
... اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ، وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّمَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوْءُ لَكَ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْلِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أِنْتَ.
Kaum Sarungan, 15 Juni 2012
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar