Senin, 25 Februari 2013

IMSAK


IMSAK

1.Habib Zain bin Sumaht (tokoh ulama ahli fiqih dan mufti abad ini dari Madinah) berkta dalam kitab nya Taqrirah al Sadidah,hal 444 :
"Yang ke 3 dari sunnah puasa adalah meng-akhirkan makan sahur,sekira nya peng-akhiran itu tidak terlalu mendesak,dan di sunnah kan IMSAK (menahan diri dari makan) sesaat sebelum menjelang fajar (waktu shubuh) dengan kadar kira-kira cukup membaca 50 ayat al Quran,yakni
¼ jam atau 15 menit"
Dalam ibarat ini beliau menjelaskan bahwa hukum nya sunnah IMSAK menjelang waktu shubuh dgn kadar cukup utk membaca 50 ayat al Quran,yakni sekitar 15 menit. Namun utk di Indonesia waktu IMSAK nya 10 menit menjelang shubuh.
2.Tersebut dalam kitab al Majmu' Syarah al Muhadzdzab,juz 6,shahifah 406,karya Imam an-Nawawi (ulama
agung madzhab Syafi',mujtahid tarjih dan fatwa),belau mengutip hadist :
"Diri sahabat Zaid bin Tsabit ia berkata : Kami makan sahur bersama Rosulullah Saw.Kemudian kami berdiri
untuk menunaikan shalat (shubuh),Kami (Zaid bin Tsabit) bertanya : Berapakah ukuran waktu IMSAK di antara keduanya (antara makan sahur dan waktu shubuh)? Rosulullah Saw menjawab :"Waktu IMSAK adalah kira-kira cukup utk membaca 50 ayat al Quran" [ HR.Bukhori Muslim ]
Dalam hadist ini jelas sekali baginda Nabi Saw menjawab pertanyaan Zaid bin Tsabit bahwa waktu IMSAK adalah
kira-kira cukup utk membaca 50 ayat alQuran. Sedangkan 50 ayat itu sekitar 15 atau 10 menit (wkt Indonesia) menjelang waktu shubuh sebagimana sudah di makulmi.
Wallahu' alam..


Oleh : Solihin Gubes
Kaum Sarungan, 27 Juli 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar