Selasa, 22 Januari 2013

OTAK Manusia lebih hebat dari komputer


-Pengetahuan-

Diantara organ tubuh dalam tubuh kita yang mempunyai susunan sistem paling rumit adalah Otak dengan segala sarafnya. Proses kerjanya ini disebut "Berfikir" dan hasil pemikirannya disebut "fikiran". Sebelum kita mewujudkan/ menciptakan sesuatu harus didahulukan dengan berfikir.
Berfikir bisa disebut "First Creation" atau "Mental Creation" lalu "Second Creation" atau "physical creation" atau wujud nyata.

Otak bisa di ibaratkan dengan perencana/ programmer kegiatan kita sehari-hari sebagai komputer alami yang mempunyai kemampuan dan mengolah lebih hebat dari komputer2 buatan manusia manapun.

Nikmat manakah yang kamu dustakan...???

Bayangkan saja dalam waktu kurang dari satu detik otak kita bisa me-"recall" memori belasan tahun atau puluhan tahun yang lalu. Dalam memprogram otak kita bisa menggambar dalam "bayangan"
apa saja yang kita bayangkan, Misalnya anjing berkepala 3, rumah dengan kolam renangnya, orang berjalan terbang dan seterusnya nyaris tanpa batas maka inilah yang disebut kemampuan "imajinasi". Karena komputer buatan manusia hanya mampu memprogram atau mendesain sebatas data yang dimilikinya yang sudah diprogramkan oleh programrernya disebut Gigo (garbage in garbage out).
Komputer alami kita atau otak kita mempunyai emosional dan imajinasi yang tidak dimiliki dan tidak mungkin dimiliki dan tidak dimiliki oleh komputer buatan manusia betapapun canggih teknologinya.

Alloh...Allohu...
Tiada yang bisa menandinginya.

Hasil pnelitian para ilmuwan mengungkapkan bahwa otak manusia waktu lahir trdiri atas
10-20 miliar sel otak atau disebut Neuron yang siap mengembangkan beberapa triliun informasi mencapai aktualisasi tingkat trtinggi potensi manusia.
Lihat bagaimana para ulama salafus sholih seperti Imam bukhori, Jalaludin Suyuthi, Imam Abu Hanifah Annu'man, Imam Syafi'i dan ulama2 besar lainnya Rhodiyallohu 'Anhum mereka bisa menghafal ratusan atau ribuan ilmu2 Qur'an dan Hadits beserta nama perawinya. Semua ini kembali kepada kita bagaimana kita mengoptimalkan otak kita dengan usaha doa dan senantiasa bersyukur kepada-Nya.

Subhanalloh Wal hamdulillah...
Jadi bila kita renungkan hasil kerja otak mempunyai potensi yang sangat luar biasa itu merupakan hasil interaksi antara cetak biru (blue print) genetis dan pengaruh lingkungan menurut ilmu kedokteran dan di islam pun jua diajarkan dalam kitab Ta'lim Mutalim atau Muqoddimah karya Abdurrahman bin Muhammad bin khaldun Alhadromi lbih dikenal dngan nama Ibnu Kholdun seorang ilmuwan islam yang tinggal di bawah kaki gunung Al-Awrus.

Menurut penelitian Clarck.B.
Dalam "Growing Up Gifted", C.E. Merril publishing Co, Columbia dalam memanfaatkan keajaiban otak kiri dan otak kanan untuk menghasilkan SDM (Sumber Daya Manusia) yg andal oleh Semiawan, kesimpulan Bahwa otak manusia rata2 baru berfungsi 5% dari kemampuan potensialnya.

Lalu kemanakah yang 95% nya lagi ??? Inilah yang menjadi Pertanyaan kita yang harus kita jawab masing2.

Jadi kemampuan yg 95% nya masih IDLE atau belum difungsikan, Inilah nanti yang nanti bisa menguak tabir rahasia alam semesta Insya Alloh Ta'aala...

Oleh : Ilham Sandy Firtha
Kaum Sarungan, 21 April 2012


Tidak ada komentar:

Posting Komentar