Kamis, 10 Januari 2013

Hukum Membaca 'Alaihis salam pada ayat terakhir Surat Al A'la

Pertanyaan Oleh : Taman Hati

apa hukumnya membaca "alaihissalam" pada saat imam membaca lafadz "suhufi ibrohima wa musa" pd surat al a'la. Karena zain sering mendengar kakek2 dimushola2 kampung biasanya membaca kalimah itu ketika mendengar ayat terakhir itu dibacakan sang imam.

Jawab :

Taman Hati...
Sewaktu mengaji dengan guruku Syekhuna Wa Habibuna Muhammad Nuruddin Al-Marbu Al-Maky Al-Banjari La'alla Showaab beliau pernah ditanya seseorang dan beliau menjawab itu dibolehkan karena bentuk penghormatan doa kepada Nabi Musa 'Alayhis Salaam...Tapi bila kita melihat sunnah2 dari membaca surat2 Al-Qur'an itu memang tidak ada seperti surat al-fatihah pada akhir ayat membaca robbighfirli waliwaalidayya walil mu'minin aamiin dan akhir surat al-baqoroh membaca "aamiin" dan di akhir surat al-qiyamah membaca "balaa subhaana robbiyal 'alaa" dan lain2 sunnah membaca surat dngn doa,takbir dan tasbih.

Nah mengapa dibolehkan mungkin karena pada setiap akhir surat itu disunnahkan karena mengandung doa tasbih dan takbir. Jadi dbolehkan karena bentuk doa seperti tadi di akhir surat al-fatihah mendoakan kedua orang tua dan orang2 mukmin dan surat al-'ala mendoakan Nabi Musa sebagai bentuk penghormatan.

Walloh'alam Bisshowaab... ^_^

(Ilham Sandy Firtha)

Kaum Sarungan, 17 Maret 2012

3 komentar:

  1. Bila tidak ada tuntunan, sebaiknya jangan ditambah-tambah walaupun maksudnya baik. Bila ingin memberi penghormatan, sebaiknya pada saat doa yang dilakukan sendiri.

    BalasHapus