Jumat, 11 Januari 2013

ANTARA JAMPE-JAMPE (MANTRA) DAN DOA


Assalaamu'alaykum Wa Rohmatulloh Wa Barokatuh...
*ANTARA JAMPE-JAMPE (MANTRA) DAN DOA*

Bismillah Walhamdulillah Wa Laa Ilaaha Illallooh Wahdahu Laa Syarika Lah
Allohuma Sholli Wa Sallim Wa Baarik 'Alaa Sayyidina Muhammad Shollallohu 'Alayhi Wa Sallam....

Jampe2 atau mantra adalah kata2 yang di ucapkan untuk keperluan melindungi diri dari penyakit, godaan setan dan lain2, Terkadang jampe2 ini terdiri dari kata2 yang asing dan tidak dimengerti dan terkadang juga dianggap sakti dan terkadang juga diberikan oleh eyang guru Guru kebatinan pada suatu pelantikan atau Tahbis.

Tapi di dalam Islam Jampe2 disebut Juga Ar-Ruqyah atau Al'Udzah sebagaimana tersebut di dalam Lisanul Arab Ibnu Manzur Al-Ifriqy Rhohimahullohu Ta'aala Juz 5 hal 34 yang artinya :
Al'udzatu, Al,a'aadzatu, Attawidz, dan Arruqyah adalah Jampe2 yang dipergunakan orang untuk melindungi diri dari sebab terkejut ketakutan, Gila karena dibuat perlindungan dengannya.

Mangenai syirik tidaknya jampe2 tersbut adalah tergantung kepada jampe2 yang di ucapkan dan tergantung pula kepada i'tiqod orang yang mengucapakannya. Karena arti musyrik adalah orang yang melakukan sesuatu persekutuan kepada Alloh Ta'aala itulah lawan kata dari Tauhid artinya MengEsakan Alloh Ta'aala Yakni Beritiqod bahwa Dzat Alloh Ta'aala tidak tersusun dari suku2 dan tidak mempunyai bandingan dan sifat Alloh Ta'aala serba Esa.

Adapun mengenai ucapan2 segi bahasa, bahasa apapun juga, ada yang menunjuki kepada maksudnya secara HAQIQI dan ada pula secara MAJAZI. Contohnya :
Alloh Ta'aala telah menumbuhkan tumbuh2an dengan suburnya inilah contoh yang Haqiqi, Sedangakan contoh yang Majazi adalah Musim penghujan telah menumbuhkan sayur mayur Nah...Bagi contoh yang kedua ini bagi orang yang bertauhid hanyalah contoh majaz saja, Sedang haqiqatnya yang menumbuhkan adalah Alloh Ta'aala.

Umpamanya ada seseorang yang dikejutkan berucap : BANGUN BANGUN MAKAN NASI AMA GARAM, hendaklah kata2 ini diganti dengan :
A'AUDZU BIKALIMAATILLAAHIT TAMMAATI MIN GHODOBIHI WA SYARRI 'IBAADIHI WA MIN HAMZAATIS SYAATHIINI WA AN YAHDHURUWNA 
Artinya : Aku berlindung dengan Kalimatulloh yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan segala hamba-Nya dan dari gangguan2 setan dan dari kehadiran mereka itu.

Nah kalimat diatas munasabah (sesuai) dengan yang di riwayatkan oeleh Amr Bin Syuhaib dari bapaknya dari kakenya, Bahwa sanya Rosululloh Shollallohu 'Alayhi Wa Sallam pernah mengajarkan mereka dari terkejut ketakutan akan beberapa kalimat :
A'AUDZU BIKALIMAATILLAAHIT TAMMAATI MIN GHODOBIHI WA SYARRI 'IBAADIHI WA MIN HAMZAATIS SYAATHIINI WA AN YAHDHURUWNA (HR. Abu Daud dan Attirmidzi)

Dan misalnya lagi jika seseorang akan berlalu ditempat jalanan yang di anggap Angker (seram) ia bisa mengucapkan : Numpang Numpang anak Babi Mau lewat atau Numpang Numpang anak Datuk mau lewat hehehee...Na'udzu Billah, Maka Hendakalah di gantikan mantra tersebut dengan doa :
A'AUDZU BIKALIMAATILLAAHIT TAMMAATI MIN SYARRI MAA KHOLAQO.

Nah doa di atas sesuai dengan sabda beliau yang diriwayatkan dari KHOULAH Binti HAMIM Rhodiyallohu 'Anhu ia berkata : Aku pernah mendengar Rosululloh Shollallohu 'Alayhi Wa Sallam bersabda :
MAN NAZALA MANZILAN TSUMMA QOOLA : A'AUDZU BIKALIMAATILLAAHIT TAMMAATI MIN SYARRI MAA KHOLAQO LAM YADHURRUHU SYAY_UN HATTA YARTAHILA MIN MANZILIHI DZAALIK.
artinya : Siapa orangnya yang datang di suatu tempat kemudian di ucapkannya :
A'AUDZU BIKALIMAATILLAAHIT TAMMAATI MIN SYARRI MAA KHOLAQO maka tidaklah memudhorotkan dia (orang itu) oleh sesuatu sehingga ia berangkat dari tempatnya itu. (HR.Muslim)

Dan biasanya orang2 betawi (jakarta) dulu sering mendengar jika ada sesorang yang terjatuh maka ia berkata bukannya berdoa malah di sumpahin contohnya :
TUNG ALANG...KODOK DI PINGGIR KALI BUNTUNG BIAR KEPALANG, BIAR DIA BOROK SAMA SEKALIAN...Heheehee..

Seharusnya di ganti dengan apa yang diajarkan oleh Rosululloh SAW dengan menyapukan telunjuk jari ke bumi lalu dibubuhi ludah lalu bacalah doa ini :
BISMILLAH TURBATU ARDHINA BIRIYQOTI BA'DHINA YUSYFA BIHI SAQIYMUNA BI IDZNI ROBBINA
artinya : Dengan nama ALLOH, Tanah bumi ksmi, dengan ludah sebagian kami dapat di sembuhkan penderita sakit kami dengan ijin TUHAN kami. (HR.Bukhori dan Muslim dan Abu Daud) dari Sayyidh Aisyah Rhodiyallohu 'Anha.

Dan biasanya dulu atau sekarang ane pernah dengar sseorang jika ia takut terhadap sesorang atau ciut hatinya maka ia berkata seperti : SIMA MAUNG SIMA SIHUNG SIMA ULA SIMA JELAMA . AHRA MENENG ASRA MENENG .MENENG, MENENG. MENENG, MENENG, MANDEG...biasanya orang dibacakan ini musuhnya langsung diam seperti kena totok jalan darahnya inilah jampe2 bid'ah yang tidak boleh dilakukan seorang muslim Heheeehe...

Maka hendaklah di ganti dengan berdoa :
ALLOHUMMA INNAA NAJ'ALUKA FII NUHUWRIHIM WA NA'UDZU BIKA MIN SYURURIHIM
artinya :
Yaa Alloh Jadikanlah..Engkau pada batang leher mereka, Dan kami berlindung dengan Engkau dari kejahatan mereka (HR. Abu Daud dan Annasai)

Sebenernya masih banyak lagi doa2 yang diajarkan Sayyiduna Wa Habibuna RosululLoh Shollallohu Ta'aala 'Alayhi Wa Sallam tapi terlalu banyak tuk ditulisnya, lebih afdolnya bisa langsung mengaji mendatangi guru2 atau para ulama yang lebih paham dari masalah2 jampe2 in ISyukur2 bisa di ijazahkan ...Wallohu Ta'aalaa 'Alam Bisshowaab....

Semoga bermanfaat...Aamiiin Yaa Robbal'aalamiin...Afwan.

Oleh : Ilham Sandy Firtha
Kaum Sarungan, 20 Maret 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar