Senin, 28 Januari 2013

Nasehat Imam Ghozali


LIDAH PALING TAJAM DI DUNIA....
Rasulullah SAW memperingatkan, bahwa bahaya lidah adalah salah satu perkara yang paling beliau khawatirkan. Sebabnya, semua amal akan berguguran jika lidah kita jahat. Suatu kali salah seorang sahabat Sufyan al-Tsaqafi bertanya kepada Rasulullah SAW: “Wahai Rasulullah, katakan kepadaku dengan satu perkara yang aku akan berpegang dengannya!" Beliau menjawab: "Katakanlah, `Rabbku adalah Allah`, lalu istiqomahlah". Aku berkata: "Wahai Rasulullah, apakah yang paling anda khawatirkan atasku?". Beliau memegang lidah beliau sendiri, lalu bersabda: “Ini." (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah).

APA YANG PALING JAUH DARI DIRI KITA MASA LALU
Iman Ghazali......... Bagaimanapun kita, apapun kendaraan kita, tetap kita tidak akan dapat kembali ke masa yang lalu. Oleh sebab itu kita harus menjaga hari ini, hari esok dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan ajaran Agama.

APA YANG PALING BESAR DI DUNIA INI”
Imam Ghazali =HAWA NAFSU (Surah Al A’raf: 179). Maka kita harus hati-hati dengan nafsu kita, jangan sampai nafsu kita membawa ke neraka.

APA YANG PALING BERAT DI DUNIA INI????
Imam Ghazali :MEMEGANG AMANAH (Surah Al-Azab : 72 ). Tumbuh-tumbuhan, binatang, gunung, dan malaikat semua tidak mampu ketika Allah SWT meminta mereka menjadi khalifah (pemimpin) di dunia ini. Tetapi manusia dengan sombongnya berebu t-rebut menyanggupi permintaan Allah SWT sehingga banyak manusia masuk ke neraka kerana gagal memegang amanah.

APA YANG PALING RINGAN DI DUNIA INI????
Imam Ghazali :MENINGGALKAN SHOL AT. Gara-gara pekerjaan kita atau urusan dunia, kita tinggalkan sholat

APA YANG PALING DEKAT DI DUNIA INI???
Imam Ghazali : ialah KEMATIAN. Sebab itu janji Allah bahwa setiap yang bernyawa pasti akan mati ( Surah Ali-Imran :185)

Oleh : Ronny Kudil
Kaum Sarungan, 7 April 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar