Selasa, 22 Januari 2013

APA KATA IBLIS???

Dengan Nama Alloh yang maha pengasih lagi maha penyayang.
Segala puji bagi Alloh seru sekalian alam, Sholawat serta salam semoga tercurah atas penghulu kita Nabi Muhammad Al-Amiin beserta keluarga dan para sahabatnya.

Dr Mu'adz bin Jabal ra dr Ibnu Abbas ra ia berkata : pernah kami berkumpul bersama Rosululloh Saw dirumah salah seorang Anshor, ada seorang berteriak : Hai..! Orang yang ada di dalam rumah ! Apakah aku diizinkan masuk..? Kalian membutuhkan aku.
Rosululloh Saw bersabda: Tahukah kalian siapa yang teriak2 itu..? Serempak mereka menjawab: Alloh dan Rosulnya yang lebih tau, maka Rosululloh Saw bersabda : itulah Iblis terkutuk yang dilaknat Alloh.
Sayyidina Umar bin Khottob ra berkata : Apakah kamu izinkan aku membunuhnya, wahai baginda Rosul..?
Rosululloh Saw bersabda: Sabar lah wahai Umar..! Apakah kamu tidak tahu bahwa ia dipanjangkan Umur sampai hari Qiamat..? Akan tetapi bukalah pintu untuknya, sesungguhnya ia diperintah. Pahamilah oleh kalian apa yang dikatakannya dan dengarlah apa yang diucapkannya.

Ibnu Abbas ra berkata : maka dibuka pintu untuknya,dan ia pun masuk kepada kami, ternyata ia tua renta, picek dan monyong, pada jenggotnya ada 7 rambut seperti rambut kuda, dua matanya belah keatas, kepalanya seperti kepala gajah besar, taring2nya nonjol seperti taring babi, bibirnya seperti dua bibir kerbau.
Iblis berkata : salam untukmu hai Muhammad, salam untuk kalian hai jama'ah muslimin.

Nabi Saw bersabda : salam itu hak Alloh hai terkutuk, aku telah mendengar hajatmu, apa itu...?
Iblis berkata berkata kepada beliau : aku tidak sengaja padamu tapi terpaksa datang padamu,
Nabi bersabda : apa yang memaksamu makhluk terkutuk..?
Iblis menjawab : telah datang malaikat dari hadirat tuhan yang mulya, maka ia berkata : sesungguhnya Alloh menyuruhmu datang kepada Nabi Muhammad Saw, dan kamu dalam keadaan rendah dan hina serta memberitahu dia bagaimana tipu dayamu pada manusia. Dan bagaimana kamu menyesatkan mereka, kamu wajib jujur pada semua yang ditanyakan padamu, demi keagungan dan kemulyaanku bila kamu mendustainya satu kali saja, kamu tidak benar, maka akan aku jadikan kamu debu2 yang dibawa angin, serta aku bikin senang musuh2mu. Kini aku telah datang kpdmu... hai muhammad sebagaimana aku diperintah. Maka tanyakanlah apa yang kau inginkan, bila aku dusta pada apa kau tanyai aku, pastilah musuh2ku merasa senang, tak ada yang lebih sulit dari ditertawakan musuh.
Maka Rosululloh Saw bersabda : bila kamu benar, maka beritahu aku siapa orang yang paling kamu benci..? Iblis menjawab : engkau hai Muhammad...! Makhluk Alloh yang paling aku benci dan orang2 yang seperti engkau.
Nabi Saw bertanya : siapa lagi yg kau benci..?
Iblis menjawab : pemuda yang taqwa yang menyerahkan dirinya kepada Alloh.
kemudian siapa lagi..?
Katanya : Orang Alim Waro' aku tahu dia itu sangat sabar.

Kemudian Siapa lagi..?

Katanya : orang yang selalu suci dari hadast besar, kecil dan suci dari najis.
Kemudian siapa lagi..?
Dijawab : orang miskin yang sabar apabila tidak mengatakan kefaqirannya kepada siapapun dan tak mengadukan penderitaannya.
Ditanya : bagaimana kamu tahu bahwa ia sabar..?
Di jawab : hai .. Muhammad bila ia mengeluhkan deritanya pada sesama makhluk tiga hari, Alloh tidak tulis baginya amal2 orang yang bersabar.
Lalu siapa lagi..?
Dijawab : orang kaya yang syukur .
Ditanya : bagaimana kamu tahu dia bahwa ia bersyukur..?
Dijawab : aku melihat dia usaha dari yg halal, disalurkan ditempat yang halal.
Nabi Saw bersabda : bagaimana perasaanmu bila ummatku mendirikan sholat..?
Dijawab : hai.. Muhammad aku diserang demam dan gemetar.
Ditanya : memang kenapa hai Iblis..?
Dijawab : sesungguhnya seorang hamba jika sujud sekali saja, Alloh angkat derajatnya.
Ditanya : bagaimana jika mereka puasa..?
Dijawab : aku dibelenggu sampai mereka buka puasa.
Ditanya : bila mereka pergi haji..?
Dijawab : aku menjadi gila.
Ditanya : bila mereka membaca Alqur'an..?
Dijawab : aku mencair seperti timah mencair diatas api.
Ditanya : bagaimana bila mereka bersedekah..?
Dijawab : seolah2 mereka ambil gergaji membelah aku dua belahan.
Nabi bersabda kepadanya : kenapa bisa demikian hai Abu Murroh<iblis>..?
Dijawab : karena dalam sedekah itu ada 4 perkara, yaitu bahwa Alloh menurunkan keberkahan dalam hartanya, Alloh memberikan kecintaan pada makhluknya, Alloh jadikan sedekahnya itu dinding antara dia dan neraka jahannam dan Alloh tolak dengan sedekahnya segala penyakit dan musibah.

Lalu Nabi Saw bersabda : bagaimana pendapatmu tentang Abu Bakar..?
Dijawab : hai Muhammad waktu jahiliyyah ia tidak mau nurut aku, apalagi sesudah dalam islam.
Ditanya : bagaimana tentang Umar bin Khottob..?
Dijawab : aku pasti kabur bila ketemu dengannya.
Ditanya : bgaimana tentang Utsman bin Affan..?
Dijawab : saya malu pada orang yang dimalui para malaikat.
Ditanyakan : bgaimana terhadap Ali..?
Dijawab : semoga aku selamat dari padanya, ia biarkan saya dan saya pun akan membiarkan dia, namun ia tidak mau berbuat demikian.

Rosululloh Saw bersabda : Alhamdulillah yang telah membahagiakan ummatku dan menyengsarakan engkau sampai hari qiamat.

Iblis terkutuk itu berkata : jauh sungguh jauh dimana bahagia ummatmu..? Sedangkan saya masih hidup dan tidak mati hingga hari qiamat. Bagaimana kau gembira pada ummatmu sedangkan saya masuk di pembuluh darah mereka, sedang mereka tak melihat saya. Maka demi yang menciptakan aku dan menghidupkan ku hingga hari qiamat, pasti aku akan sesatkan mereka semua, Orang jahil, Alim, ummi, yang bisa baca dan yang jahat serta yang ahli ibadat, kecuali hamba Alloh yang ikhlas.
Siapa yang ikhlas menurutmu..?
Dijawab : apa kau tidak tahu hai Muhammad..! Sesungguhnya orang yang cinta sama uang dan harta, bukanlah orang yang ikhlas. Apabila aku melihat laki2 tidak suka duit dan uang, tidak suka pujian dan sanjungan, aku tahu bahwa ia orang yang ikhlas kepada Alloh, maka aku tinggalkan ia. Sesungguhnya hamba selama masih cinta harta dan sanjungan dan hatinya tergantung dengan kelezatan dunia, maka ia orang yang lebih ta'at (kpd iblis) diantara orang yang kuterangkan kepada mu. Apa kau tidak tahu bahwa cinta harta termasuk dosa besar, apa kau tidak tahu cinta pangkat itu dari sebesar2nya dosa besar dan bahwa sombong itu sebesar2nya dosa yang paling besar.

Hai..Muhammad tidak kah kau tahu bahwa aku mempunyai tujuh puluh ribu anak buah, setiap anak buah mempunyai 70 ribu syetan. Diantara mereka ada yang aku tugaskan menggoda orang2 yang ibadah, ada yang menggoda kepada orang2 yang zuhud, mereka masuk kepada org2 yang zuhud, mengeluarkan mereka dari satu keadaan kepada yang lain dan dari satu pintu kepada pintu yang lain, hingga mengeluarkan mereka dari satu sebab dari macam2 sebab. Dia rampas dari mereka keikhlasan, hingga mereka ibadah tanpa keikhlasan sedangkan mereka tidak merasa. Apa kau tidak tahu hai Muhammad..! Bahwa barsiso si pendeta ikhlas kepada Alloh selama 70 th, sampai2 dengn do'anya Alloh sembuhkan orang2 sakit, maka tidak kubiarkan dia hingga berzina, membunuh dan menjadi kafir, dialah yang Alloh sebutkan dalam Alqur'an dengan firmannya :" seperti perumpamaan syetan ketika berkata kepada manusia : kafirlah..?,begitu ia kafir, Iblis berkata : aku lepas daripada kamu karena aku takut pada Alloh tuhan sekalian Alam".
Hai..Muhammad.. ! Apakah kau tidak tahu, bahwa dusta itu dari padaku..? Akulah orang yang pertama2 berdusta, siapa yang dusta dialah temanku, siapa yang sumpah palsu dialah kekasihku.
Apa kau tak tahu hai Muhammad bahwa aku bersumpah kapada Adam dan Hawa dengan nama Alloh, sesungguhnya aku sebagai penasehat kalian.
Sumpah palsu itu kesenanganku, cerita ghibah dan mengadu domba adalah kedoyanan dan kesukaanku, saksi palsu adalah hiburanku dan keridhoanku. Barang siapa sumpah dengn talaq hampirlah ia berdosa, sekalipun hanya sekali dan benar. Siapa yang membiasakan mulutnya dengan cerai, istirinya jadi haram, tapi ia terus beranak sampai qiamat, jadilah mereka semua anak2 zina, maka mereka masuk neraka hanya karena satu kalimat.
Hai..Muhammad sesungguhnya diantara ummatmu ada yang menunda2 sholatnya jam demi jam, setiap kali ingin sholat aku ikuti dia, aku bisikan dan katakan padanya : waktu masih panjang, kamu sedang sibuk. Hingga dia tunda2 sholat diluar dari waktunya, maka dipukulkan sholatnya kewajahnya.
Bila ia mengalahkan aku dalam hal itu,maka aku utus seorang syetan bangsa manusia yang membimbangkan dia dari waktunya. Bila ia menang dalam hal itu, kubiarkan ia sehingga ia sholat, lalu kubisikkan padanya lihatlah kekanan dan kekiri, maka ia melihat, ketika itu ku usap wajahnya dengan tanganku dan aku cium kedua matanya dan aku katakan padanya : kau telah lakukan apa yang tidak baik selama2nya.
Engkau tahu hai Muhammad..? Barang siapa yang banyak menoleh dalam sholat, Alloh pukulkan sholatnya kewajahnya.
Bila ia mengalahkan aku dalam sholat itu dan ia sholat sendiri kuperintahkan ia buru2, maka ia matuk2 seperti ayam mematuki gabah dan ia terburu2.
Bila ia mengalahkan aku, dan dia sholat berjama'ah, aku ikat dia dengan tombak lalu aku angkat kepalanya sebelum imam dan aku tundukan ia sebelum imam. Engkau tahu bahwa siapa yang berbuat demikian batallah sholatnya dan Alloh rubah wajahnya jadi kepala keledai pada hari qiamat. Bila ia menang dalam hal itu , aku suruh ia membunyikan jari2nya dalam sholat hingga jadilah ia orang yang tasbih untukku sedangkan ia dalam sholat. Bila ia mengalahkan aku dalam hal itu, maka aku tiup hidungnya hingga dia menguap sedang ia didalam sholat, bila ia tidak tutup mulutnya, maka masuklah syetan ke dalam perutnya ,maka bertambahlah serakah pada dunia dan tambah cinta pada dunia, jadilah ia nurut dan patuh pada kami.
Kebahagiaan yang mana bagi ummatmu sedang aku menyuruh orang miskin supaya meninggalkan sholat, dan aku katakan : kamu tidak wajib sholat, sholat itu wajib atas orang yang Alloh karuniakan ni'mat kepadanya, dan aku katakan kepada orang yang sakit : tinggalkanlah sholat, karena itu tidak wajib atasmu, hanyasannya sholat itu wajib atas orang2 yang Alloh berikan kesehatan, karena Alloh Swt berfirman :"tidak ada kesulitan atas yang sakit." jika kamu sholat bukan yang wajib atasmu, sehingga orang tersebut mati kafir. Maka bila ia mati dengan meninggalkan sholat dalam sakitnya, dia bertemu Alloh Swt dengan kemurkaan atasnya.
Hai Muhammad..! Bila aku berbohong serta menyimpang,mohonlah pada Alloh supaya menjadikan aku debu. Hai Muhammad..! Apakah engkau senang dengan ummatmu,sedangkan aku mengeluarkan 1/6 ummatmu dari islam.

Nabi Saw bersabda : siapa koncomu..?
Iblis menjawab : pemakan renten<riba>.
Nabi tanya : siapa temanmu..?
Iblis menjawab : penzina.
Tanya Nabi : siapa teman kencanmu..?
Jawab iblis : pemabuk.
Tanya Nabi : siapa tetamu kamu..?
Jawab iblis : pencuri.
Tanya Nabi : siapa utusanmu..?
Jawab iblis : tukang sihir.
Tanya Nabi : siapa kesayanganmu..?
Jawab iblis : orang bersumpah dengan cerai.
Tanya Nabi : siapa kekasihmu..?
Jawab iblis : yang suka meninggalkan sholat jum'at.
Maka Rosululloh Saw bersabda : hai laknat! Apa yang melemahkan tenagamu?
Jawab : ringkikan kuda dijalan Alloh.
Tanya Nabi : apa yang bikin luluh badanmu?
Jawab : taubatnya seorg petaubat.
Tanya Nabi : apa yang bikin panas jantungmu?
Jawab : banyak istigfar pada Alloh Swt pada siang dan malam hari.
Tanya Nabi : apa yang mencoreng mukamu?
Jawab : sedekah dengan rahasia.
Tanya Nabi : apa yang membutakan matamu?
Jawab : sholat malam.
Tanya Nabi : apa yang menghancurkan kepalamu?
Jawab : sering berjama'ah dalam sholat.
Tanya Nabi : siapa manusia yang paling bahagia?
Jawab : orang yang tidak sholat.
Tanya Nabi : manusia mana yang paling celaka bagimu?
Jawab : orang2 yang pelit.
Tanya Nabi : apa yang bikin kamu sibuk?
Jawab : majlis2 ulama.
Tanya Nabi : bagaimana kamu makan?
Jawab : dengan tangan kiri dan jari2ku.
Tanya Nabi : dimana berteduh anak2mu sewaktu terik panas matahari?
Jawab : dibawah kuku2 manusia.
Nabi Saw bersabda : berapa hajat yang kau minta dari tuhanmu.
Jawab: 10 soal.
Nabi tanya : apa saja itu hai yang terlaknat?
Jawab : aku minta turut andil pada manusia dalam harta dan anak2 mereka, maka Alloh sekutukan aku pada mereka. Itulah firman Alloh Swt : "sekutuilah mereka dalam harta, anak dan janjikanlah mereka, tidak lah setan itu menjajikan kecuali hanya tipuan". setiap harta yang tidak dizakatkan maka aku makan darinya, dan aku makan dari makanan kecampuran riba dan harom. Dan setiap harta tidak ta'awwudz dari setan dan setiap orang yang tidak ta'awwudz ketika jima' bila ia mensetubuhi istrinya, maka setan ikut setubuh dengan dia, maka lahirlah anak yang nurut dan patuh pada setan.
Barang siapa yang berkendaraan yang dia berjalan diatasnya bukan mencari yang halal, maka akulah temannya, karena firman Alloh Swt :"dan kerahkanlah atas mereka pasukan kudamu dan pasukan jalan kaki".
Aku memohon pada Alloh agar dibuatkan rumah maka itulah pemandian. Aku memohon pada Alloh agar dibuatkan masjid, maka itulah pasar2. Aku mohon pada Alloh agar dibuatkan kitab, maka itulah syair2. Aku mohon pada Alloh agar dibuatkan adzan, maka itulah seruling. Aku mohon pada Alloh disediakan teman kencan/tidur, maka itulah pemabuk. Aku mohon pada Alloh agar diberi tentara, maka itulah faham Qodariah, maka aku mohon pada Alloh agar diberi saudara, maka itulah mereka yang membelanjakan hartanya pada kemaksiatan. Kemudian ia baca firman Alloh Swt :"Sesungguhnya orang2 yang boros itu adalah saudaranya syetan."

lalu Nabi Saw bersabda : kalau kau tidak sertakan dengan bukti ayat Alqur'an tiap2 jawaban, aku tak percaya.
Hai Muhammad aku mohon padanya agar aku melihat manusia sedang mereka tidak melihat saya. Maka Alloh alirkan aku diurat2 mereka sebagaiman ngalirnya darah, aku muter2 semau aku dalam satu saat. Maka Alloh berfirman :"Aku luluskan semua permintaanmu". Maka aku berbangga dengan demikian itu sampai hari qiamat. Sesungguhnya orang yang bersama aku lebih banyak dari yang bersamamu, cucunya adam lebih banyak bersamaku sampai hari qiamat.


Sesungguhnya aku punya anak yang aku namakan Atamah, dia mengencingi kuping seorang hamba bila tidur sebelum sholat isya, kalau tidak begitu manusia tidak akan tidur hingga ia sholat isya dulu.
Dan sesungguhnya aku punya anak yang kunamakan Mutaqody, maka jika ada hamba mengerjakan ta'at dengan diam2 dan ia merahasiakannya, ia selalu menda'wa2 dengannya diantara manusia hingga ia khabarkan dengannya pada manusia, hingga Alloh hapus 99 pahalanya dari 100 maka tinggal 1 pahala, karena baginya dengan setiap amal yang dikerjakan 100 pahala.
Dan aku punya anak yang bernama Kahil, dialah yang menyifati mata2 orang dimajlis ulama/pengajian dan ketika khutbah, sehingga ia tertidur ketika mendengar pengajian ulama, maka tidak ditulis baginya pahala selama2nya.
Tidak ada seorang wanita keluar kecuali ada syetan yang duduk dipinggulnya, dan ada syetan yang duduk dipangkuannya untuk menghias2i bagi yang memandangnya. Keduanya berkata kepada wanita itu : keluarkan tanganmu, lalu wanita itu mengeluarkan tangannya, kemudian kukunya,maka rusaklah kehormatannya.

Lalu iblis itu berkata : hai Muhammad! saya sedikitpun tidak bisa menyesatkan, hanyasanya saya ini membisik2 kan dan menghias2i. Kalau memang menyesatkan ada ditanganku, pasti tak kutinggalkan seorang pun dimuka bumi ini orang2 yang mengucap Laa ilaaha illalloh Muhammadur Rosululloh, juga tak kubiarkan orang puasa dan sholat, sebagaimana juga engkau tidak ada kemampuan memberi petunjuk, tapi engkau hanya seorang utusan dan penyampai. Kalau hidayah ada ditanganmu ,pasti tak kau biarkan orang kafir dimuka bumi ini. Hanyasanya engkau adalah Hujjah Alloh atas hambanya, sedangkan aku penyebab bagi yang telah ditetapkan jahat sengsara, yang bahagia adalah yang Alloh bahagiakan di dalam perut ibunya, yang jahat adalah orang yang ditulis jahat oleh Alloh diperut ibunya.
Rosululloh Saw pun membaca ayat :"Senantiasa mereka terus berselisih kecuali orang yang diberi rahmat oleh tuhanmu". Kemudian membaca firman Alloh :"Dan adalah ketetapan Alloh itu suatu ketetapan yang pasti berlaku."
kemudian Nabi Saw bersabda : Hai aba Murroh apakah kau mau tobat dan kembali pada Alloh, aku jaminkan surga untukmu.
Iblis menjawab : hai Rosululloh keputusan trlah berlaku, qolam<pena> telah kering dengsn yang terjadi sampai hari qiamat, maka maha suci dzat yang menjadikan engkau penghulu para Nabi dan juru bicara ahli syurga, dan yang tlah mengistimewakan dan memilih engkau, serta ia telah menjadikan aku penghulu orang2 jahat dan juru bicara ahli neraka.
Saya makhluk jahat yg terusir.
Inilah akhir yang kusampaikan pada engkau dari padanya dan sungguh aku tidak berdusta.
~Tamat~

Disarikankan dari kitab "MADZA QOLA IBLIS".
Dengan terjemah dari guru saya Ustadzunal Fadhil Alustadz Muhammad Ro'i . Salah satu staf pengajar dimadrosah Atsagofah al islamiyah .
Mudah2an senantiasa ALLOH TA'ALA melindunginya dan memanjangkan umur beliau dalam keridhoaannya.
Aamiin.


Oleh : Ilham Sandy Firtha
Kaum Sarungan, 26 April 2012

1 komentar:

  1. Laa ilaaha illalloh Muhammadur Rosululloh,...Jazakumullohu Khairan Katsiro,...terimakasih byk atas postingan nya Akhi,...sangat bermanfaat,...

    BalasHapus