Senin, 21 Januari 2013

Apakah Al Qur'an yang dibukukan pada masa Ustman bin Affan RA sesuai aslinya?

Pertanyaan Oleh : Hanya Uthie Rini

assalamualaikum...minta bantuan boleh ya...ada pertanyaan dari dosen , apakah Al-quran yang dibukukan pada zaman khlfah Usman RA, lengkap sesuai redaksi dari Alloh SWT yang disampaikan pada Nabi SAW?berikan penjelasan yang masuk akal.

Jawab :

Dimasa hayatnya Rosululloh SAW, Alqur'an sudah ditulis keseluruhannya tidak dengan Sabda Nabi SAW karena beliau khawatir nanti disangka firman-Nya. Hanya saja penulisan ini belum dikumpulkan dalam suatu wadah dan belum ditertibkan surat2nya. Dan mula2 orang yang mengumpulkannya tulisan2 alqur'an adalah Sayyiduna Abu Bakr Shiddiq RA, di zamannya dan yang menyalinnya pada mushaf2 adalah Sayyiduna Utsman RA, Pada zamannya. Dan Sayyiduna Abu Bakar RA Mengumpulkan Alqur'an atas usul Sayyiduna Umar Bin Khothtob RA.

Sebagaimana di dalam kitab Khazinatul Asror hal 11 :
'Ilam anna ta_lifal qur_aana fi zamanin nubuwwah...ilaa akhir


Artinya :
ketahuilah olehmu bahwasanya penyusunan alqur'an itu ada pada zaman kenabian dan pengumpulannya pada mushaf adalah pada zaman Sayyiduna Abu Bakr Asshiddiq dan penyalinannya kedalam mushaf2 adalah pada zaman sayyiduna Utsman Rhodiyallohu 'anhum ajmain.
Dan sesungguhnya alqur'an itu sudah tertulis dimasanya Nabi SAW, Tetapi belum dikumpulkan pada satu wadah/tempat dan belum tersusun surat2nya. Dan mula2 yang menamakan almushaf adalah Abu Bakr RA, Dan mula2 orang yang mengumpulkan alqur'an adalah Abu Bakr RA. Demikianlah apa yang dikeluarkan oleh Ibnu Sa'ad dan Ibnu Syaibah, Demikianlah dalam Al-Qoshthollani.
(Ilham Sandy Firtha)

Kaum Sarungan, 25 April 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar