Rabu, 26 Desember 2012

PARA 'ULAMA MADZHAB ASY-SYAFI'I


Dimulai dari abad ke III,yaitu dari abad wafatnya Imam Besar ASY-SYAFI’I Rhl ABAD-III Hijriyah.

1. Imam Syafi’i Rahimahullah(wafat 204 H).

Nama lengkap beliau adalah ABU ABDILLAH MUHAMMAD bin IDRIS as SYAFI’I.
Lahir di Gazzah Palestina(150 H)dan wafat di Mesir(Kairo) (204 H).
Inilah Imam Besar,Mujtahid Muthlaq (Mujtahid penuh) dalam Madzhab Syafi’i.

2. Ar Rabi’i bin Sulaiman al Muradi(wafat 270 H).

Beliau ini adalah murid langsung dari Imam Syafi’i Rhl.,di bawa dari Bagdad sampai ke Mesir. Lahir tahun 174 H. (wafat tahun 270 H).

Beliau inilah yang membantu Imam Syafi’i Rhl.menulis kitabnya Al Umm dan kitab Usul Fiqih yang pertama di dunia,yaitu Kitab Risalah al Jadidah.

Berkata Muhammad bin Hamdan: ”Saya datang ke rumah Rabi’i pada suatu hari,di mana didapati di hadapan rumahnya 700 kendaraan membawa orang yang datang mempelajari kitab Syafi’i dari beliau”~

Ini suatu bukti bahwa Ar Rabi’i bin Sulaiman al Muradi adalah seorang yang utama,penyiar dan penyebar Madzhab Syafi’i Rhl.dalam abad-abad yang pertama.

Tersebut dalam kitab Al Majmu’halaman 70,kalau ada perkataan”sahabat kita ar Rabi’i” maka maksudnya adalah Ar Rabi’i bin Sulaiman al Muradi ini.

Di dalam kitab Al Muhadzab tidak ada Ar Rabi’i selain ar Rabi’i ini,kecuali satu Ar Rabi’i dalam masalah menyamak kulit yang bukan Ar Rabi’i ini,tetapi Ar Rabi’i bin Sulaiman al Jizi.(Beliau ini adalah sahabat Imam Syafi’i Rhl.juga)**


3. Al Buwaithi(wafat 231H).

Nama lengkap beliau adalah Abu Ya’kup Yusuf bin Yahya al Buwaithi,lahir di desa Buwaith(Mesir) wafat 231 H.

Imam Syafi’i berkata: ”Tidak seorang juga yang lebih berhak atas kedudukanku melebihi dari Yusuf bin Yahya al Buwaithi” dan Imam Syafi’i Rhl.berwasiat,manakala beliau wafat maka yang akan menggantikan kedudukan beliau sebagai pengajar adalah Al Buwaithi ini.

Beliau menggantikan Imam Syafi’i Rhl.berpuluh tahun dan pada akhir umur beliau ditangkap lantaran persoalan ”fitnah Qur’an”,yaitu tentang makhluk atau tidaknya Qur’an yang digerakkan oleh kaum Mu’tazilah.

Akhirnya al Buwaithi ditangkap oleh Khalifah yang pro faham Mu’tazilah,lalu dibawa dengan ikatan rantai pada tubuhnya ke Bagdad. Beliau meninggal dalam penjara di Bagdad tahun 231 H.

Beliau syahid karena mempertahankan kepercayaan dan i’tiqad beliau,yaitu i’tiqad kaum ahlussunnah wal jama’ah yang mempercayai bahwa Qur’an adalah Kalam Allah yang Qadim,bukan ”ciptaan Allah”,(makhluk)**

4. Al Muzany(wafat 264 H)

Nama lengkap beliau adalah Imam Abu Ibrahim,Ismail bin Yahya Al Muzani,lahir di Mesir 175 H dan 25 tahun lebih muda dari Imam Syafi’i Rhl.

Imam Syafi’i Rhl.pernah berkata tentang sahabatnya ini,bahwa Al Muzani adalah pembela Madzhabnya.

Setelah Imam al Buwaithi ditangkap maka al Muzany menggantikan kedudukannya dalam balakah Imam Syafi’i itu sampai beliau wafat pada tahun 264 H.(60 tahun terkemudian dari Imam Syafi’i Rhl.)

Beliau adalah seorang ulama yang saleh,zuhud dan rendah hati. Beliau banyak mengarang kitab fiqih Syafi’iyah,seumpama:

1. Al Jami’ al Kabir,2. Al Jami’ as Shagir, 3. Al Mukhtashar, 4. Al Mantsur, 5. Al Targib fil Ilmu, 6. Kitabul Watsaiq, 7. Al Masail al Mu’tabarah,dan lain-lain.**

5. Harmalah at Tujibi(lahir tahun 166 H.-wafat tahun 243 H).

Nama lengkapnya Harmalah bin Yahya Abdullah at Tujibi,murid Imam Syafi’i Rhl.

Beliau seorang Ulama Besar penegak Madzhab Syafi’i yang menyusun kitab-kitab Madzhab Syafi’i.

Di dalam Madzhab Syafi’i terkenal Kitab Harmalah,yaitu kitab karangan Imam Syafi’i Rhl.yang disusun oleh murid beliau ini,yaitu Harmalah bin Yahya.

Selain beliau ahli fiqih Syafi’i yang terkenal,juga beliau ahli Hadits yang banyak menghafal hadits-hadits Nabi. Kabarnya beliau telah menghafal 10.000 hadits Nabi.

Diantara ahli-ahli hadits yang menjadi murid dari Harmalah ini,terdapat Imam Muslim yang terkenal,Imam Ibnu Qutaibah,Imam Hasan bin Sofyan.**

6. Az Za’farani(wafat 260 H).

Nama lengkap beliau ini adalah Imam al Hasan bin Muhammad Ash Shabah az Za’farani. Lahir di dusun Za’farani dan kemudin pindah ke kota Bagdad di mana di sini beliau belajar kepada Imam Syafi’i Rhl. Imam Az Za’farani adalah murid langsung dari Imam Syafi’i.

Imam Bukhari seorang ahli Hadits yang terkenal banyak mengambil Hadits dari az Za’farani ini tetapi beliau bukan menjadi orang Mujtahid dalam fiqih. Beliau tetap memegang Madzhab Imam Syafi’i Rahimahullah.

Dari beliau ini mengalirlah ajaran fiqih Syafi’i kepada Imam Bukhari yang terkenal sehingga beliau menganut Madzhab Syafi’i dalam syari’at dan ibadat.**

7. Al Karabisi(wafat 245 H).

Nama lengkap beliau adalah Imam Abu ‘Ali Husein bin ‘Ali al Karabisi. Beliau juga seorang murid langsung dari Imam Syafi’i Rhl.sesudah terlebih dahulu menganut ajaran Imam Abu Hanifah(Hanafi) dan kemudian masuk dalam Madzhab Syafi’i. Beliau adalah menjadi tiang tengah dalam menegakkan fatwa dan aliran-aliran Imam Syafi’i Rhl.**

8. At Tujibi(wafat 250 H).

Ahmad bin Yahya bin Wazir bin Sulaiman at Tujibi. Beliau adalah seorang Ulama yang belajar langsung dalam ilmu fiqih kepada Imam Syafi’i Rhl. Meninggal dan bermakam di Mesir.**

9. Muhammad bin Syafi’i(wafat 240 H).

Muhammad bin Syafi’i,gelarnya Abu Utsman al Qadhi. Beliau adalah anak yang tertua dari Imam Syafi’i Rhl.

Pada akhir usia beliau menjabat kedudukan Qadhi di Jazirah dan wafat di situ tahun 240 H.**

10. Ishaq bin Rahuyah(wafat 238 H).

Nama lengkap beliau adalah Ishaq bin Ibrahim bin Makhlad bin Ibrahim yang terkenal dengan Ibnu Rahuyah. Lahir tahun 166 H.wafat tahun 238 H.

Beliau belajar fiqih kepada Imam Syafi’i Rhl.yang terkenal. Bukan saja dalam ilmu fiqih tetapi juga dalam ilmu Hadits. Imam Bukhari,Muslim,Abu Daud,Tirmidzi,Ahmad bin Hanbal,banyak mengambil hadist dari Ishaq bin Rahuyah ini.

Imam Nasai mengatakan bahwa Ibnu Rahuyah adalah Tsiqqah”,yaitu ”dipercaya”**

11. Al Humaidi(wafat 219 H).

Nama lengkap beliau adalah Abdullah bin Zuber bin Isa,Abu Bakar al Humaidi. Beliau juga murid langsung dari Imam Syafi’i Rahimahullah.

Beliaulah yang membawa dan mengembangkan Madzhab Syafi’i ketika di Mekkah,sehingga beliau diangkat menjadi Mufti Mekkah. Wafat di Mekkah pada tahun 219 H.

Inilah diantaranya 11 orang murid langsung dari Imam Syafi’i Rhl.yang kemudian menjadi Ulama Besar dan tetap teguh memegang Madzhab Syafi’i.

~

Dengan perantaraan beliau-beliau inilah Madzhab Syafi’i tersiar luas ke pelosok-pelosok dunia Islam terutama ke bagian Timur dan Hijaz,yaitu ke Iraq,ke Khurasan,ke Maawara an Nahr,ke Adzerbaiyan,ke Tabristan,juga ke Sind,ke Afganistan,ke India,ke Yaman dan terus ke Hadaramaut,ke Pakistan,India dan Indonesia.

Beliau-beliau ini menyiarkan Madzhab Syafi’i dengan lisan dan tulisan. Selain dari itu ada dua orang murid Imam Syafi’i Rhl.,yaitu Ahmad bin Hanbal,(wafat 241) yang kemudian ternyata membentuk satu aliran dalam fiqih yang bernama Madzhab Hanbali. Yang kedua Syeikh Muhammad bin Abdul Hakam,seorang Ulama murid langsung dari Imam Syafi’i Rhl. yang ilmunya tidak kalah dari al Buwaithi. Beliau ini pada akhir umurnya berpindah ke Madzhab Maliki dan wafat dalam tahun 268 H.di Mesir.

~

Ulama-ulama,murid yang langsung dari Imam Syafi’i Rhl.ini boleh dinamakan Ulama-ulama Syafi’iyah ”tingkatan pertama”. Ada ”tingkatakan kedua”,yaitu Ulama-ulama Syafi’iyah yang wafat dalam abad ketiga juga,tetapi tidak belajar kepada Imam Syafi’i sendiri,melainkan kepada murid-murid Imam Syafi’i Rhl.

12. Ahmad bin Syayyar al Marwadzi(wafat 268 H).

Nama lengkap beliau adalah Ahmad bin Syayyar bin Ayub Abu Hasan al Marwadzi.

Beliau adalah murid dari Ishaq bin Rahuyah dan Ulama-ulama Syafi’i yang lain,Ulama-ulama seperti Nasai,Ibnu Khuzaimah,Imam Bukhari dan lain-lain,mengambil ilmu kepada beliau.

Syeikh Ahmad bin Sayyar yang membawa dan mengembangkan Madzhab Syafi’i ke Marwin,ke Gazanah di India,ke Afganistan dan lain-lain.

Beliau adalah pengarang kitab ”Tarikh Marwin”**

13. Imam Abu Ja’far at Tirmidzi(wafat 295 H).

Nama lengkap beliau ini adalah Muhammad bin Ahmad bin Nashar,Abu Ja’far at Tirmidzi. Beliau adalah seorang Ulama Besar Syafi’iyah di Iraq sebelum masanya Ibnu Surej.

Beliau mengarang sebuah kitab dengan judul ”Kitab Ikhtilaf Akhlis Shalat” dalam usuluddin.**

~

14. Imam Bukhari(wafat 256 H).

Nama lengkap beliau Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Mughitah bin Bardizbah al Jufri al Bukhari. Lahir tahun 194 H.di Bukhara Asia Tengah.

Sejak kecil beliau sudah menghafal Al-Qur’an di luar kepala dan sangat menyukai mencari dan mendengar Hadits-hadits Nabi. Kemudian selama 16 tahun beliau menyusun dan mengarang kitab sahihnya yang berjudul kitab ”Sahih al Bukhari”.

Beliau selalu berkelana ke daerah-daerah dan kota-kota negeri Islam ketika itu. Beliau belajar hadits-hadits di negerinya dan kemudian pergi ke Balkha,ke Marwa,ke Nisabur,ke Rai,ke Basrah,ke Kufah,ke Mekkah,ke Madinah,ke Mesir,ke Damaskus,ke Asqalan dan lain-lain.

~

Perjalanan beliau ini adalah dalam rangka mencari ulama-ulama yang menyimpan hadits dalam dadanya untuk dituliskannya di dalam kitab yang ketika itu sangat kurang sekali.

Kitab Sahih Bukhari itu adalah kitab agama Islam yang kedua sesudah Al-Qur’an. Hadits-hadits di dalamnya menjadi sumber hukum yang kuat dalam fiqih(hukum) Islam.

Pada mulanya beliau sampai menghafal hadits sebanyak 600.000 hadits yang diambilnya dari 1080 orang guru,tetapi kemudian setelah disaring dan disaringnya lagi,maka yang dituliskannya dalam kitab Sahih Bukhari hanyan 7275 hadits. Kalau disatukan hadits yang berulang-ulang disebutnya dalam kitab itu,jadinya berjumlah 4000 hadits yang kesemuanya hadits sahih dan diterima oleh seluruh dunia Islam,terkecuali oleh orang yang buta mata hatinya.

~

Diantara guru beliau dalam fiqih Syafi’i adalah Imam al Humadi,sahabat Imam Syafi’i yang belajar fiqih kepada Imam Syafi’i ketika berada di Makkah al Mukkaramah.

Juga beliau belajar fiqih dan Hadits kepada Za’farani dan Abu Tsur dan Al Karabisi,ketiganya adalah murid Imam Syafi’i Rhl. Demikian diterangkan oleh Imam Abu ‘Ashin al Abbadi dalam kitab ”Thabaqaf”-nya.

Beliau tidak banyak membicarakan soal fiqih,tetapi hampir semua perkerjaan beliau berkisar kepada hadits-hadits saja yang tidak mengambil hukum dari hadits-hadits itu.

~

Ini suatu bukti bahwa beliau bukan Imam Mujtahid,tetapi ahli hadits yang di dalam furu’ syari’at beliau menganut Madzhab Syafi’i Rahimahullah.

Di dalam kitab ”Faidur Qadir” syarah Jamius Shagir pada juz I halaman 24 diterangkan bahwa Imam Bukhari mengambil fiqih dari al Haimidi dan sahabat Imam Syafi’i yang lain.

Imam Bukhari tidak mengambil hadits dari Imam Syafi’i Rhl. Karena beliau meninggal dalam usia muda,tetapi Imam Bukhari belajar dan mengambil hadits dari murid-murid Imam Syafi’i Rhl. Tetapi sungguhpun begitu,di dalam kitab Sahih Bukhari ada dua kali Imam Syafi’i disebut,yaitu pada bab Rikaz yang lima dalam kitab Zakat dan pada bab Tafsir ‘Araya dalam kitab Buyu’.(lihat Fathul Bari juz IV,halaman 106 dan pada juz V halaman 295).**


Sumber : http://warkopmbahlalar.com/para-ulama-madzhab-syafii/

Oleh : Taman Hati
Kaum Sarungan, 29 Maret 2012 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar