Rabu, 26 Desember 2012

Benarkah Nabi Asam AS adalah manusia pertama?

Pertanyaan Oleh : Taman Hati


Assalamu'alaikum warohamtullahi wabarokatuh.
Mau tanya nih, benarkah Nabi Adam adl manusia pertama? mohon kasih osram dan philipsnya biar terang, syukron.. ^_^

Jawab :

Wa'alaykum Salaam, Dari sini dulu Adapun NUR Adalah cahaya, Sementara AN-NUR adalah Sang Cahaya salah satu Asma_ul husna, Nama2 Alloh yang indah. Nur adalah ciptaan yang memancar dari Cahaya ALLOH, Nur Muhammad adalah Cahaya Muhammad, Terkadang ia juga disebutkan HAQIQOH MUHAMMADIYAH, artinya suatu realitas MUHAMMAD yang diciptakan sebelum penciptaan alam. Nur inilah yang pertama kali diciptakan Alloh. Dan dari NUR Inilah kmudian ALLOH TA'AALA menciptakan alam semesta dan isinya. Lihatlah dalam kitabnya SIMTHUD DUROR karya ALHABIB ALI BIN MUHAMMAD ALHABSY, Menuliskan perihal NUR MUHAMMAD, telah sampai dalam hadist2 yang masyhur bahwa sesuatu yang awal mula diciptakan ALLOH TA'AALA adalah cahaya yang tersimpan dalam pribadi yang agung (MUHAMMAD SAW) Ini. Maka cahaya manusia inilah makhluk yang pertama muncul dalam penciptaaNya. Darinya berasal dari seluruh wujud alam ini yang baru datang ataupun yang sebelumnya.
(Ilham Sandy Firtha,, sayang belum tuntas)

Wahai Manusia, sesungguhnya Tuhan kamu satu (tunggal), dan kamu sekalian daripada Adam dan Adam berasal dari tanah)- Riwayat Bukhari dan Muslim
Al An'am :6 yang artinya: Dan Dialah yang menciptakan kamu dari seorang diri, maka (bagimu) ada tempat tetap dan tempat simpanan. Sesungguhnya telah Kami jelaskan tanda-tanda kebesaran Kami kepada orang-orang yang mengetahui.

Q.S An Nisaa' ayat 1 yang artinya: Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.

Q.S Al Baqarah 30 yang artinya: Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."

Q.S Al A'raaf ayat 27 yang artinya: Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya 'auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dan suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan syaitan-syaitan itu pemimpin-pemimpim bagi orang-orang yang tidak beriman

Alloh menyebut bahwa manusia diciptakan dari satu orang makhluk yaitu Adam, dan ini diperkuat dengan firman surat An Nisaa ayat 1. Bahwa dari Nabi Adam kemudian diciptakanlah hawa, kemudian diciptakanlah manusia-manusia yang menjadi keturunan dari Adam dan Hawa.

Kalau memang ada manusia sebelum Adam maka siapakah manusia itu? Apakah ada dalilnya di dalam Al Qur'an?
atau Al hadits?...
(Solihin Gubes)

Kaum Sarungan, 21 Januari 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar