Senin, 03 Desember 2012

Hukum Membunuh Kucing

Ini tentang Kucing....Terkadang Kucing begtu misteri, Bagi orang2 yang membunuhnya atau tidak sengaja membunuhnya, Lalu bagaimana dengan hukum membunuhnya dalam Islam???

Saat ini, orang masih percaya bahwa kucing hitam adalah pembawa sial sementara ada yang percaya bahwa kucing hitam justru membawa keberuntungan. Kucing juga masih diasosiasikan dengan sihir. Kucing hitam sering diasosiasikan dengan Halloween. Penganut wicca dan neopaganisme yang lain mempercayai bahwa kucing sebenarnya baik, mampu berhubungan dengan dunia lain, dan dapat merasakan adanya roh jahat.

Hadis Kabsyah binti Ka’b bin Malik menceritakan bahwa Abu Qatadah, mertua Kabsyah, masuk ke rumahnya lalu ia menuangkan air untuk wudhu.
Pada saat itu, datang seekor kucing yang ingin minum. Lantas ia menuangkan air di bejana sampai kucing itu minum.

Kabsyah berkata, “Perhatikanlah.”
Abu Qatadah berkata, “Apakah kamu heran?”
Ia menjawab, “Ya.”
Lalu, Abu Qatadah berkata bahwa Nabi SAW prnh bersabda, “Kucing itu tidak najis. Ia binatang yang suka berkeliling di rumah (binatang rumahan),”. (HR At-Tirmidzi, An-Nasa’i, Abu Dawud, dan Ibnu Majah).
 

Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Seorang wanita disiksa karena mengurung seekor kucing sampai mati. Kemudian wanita itu masuk neraka karenanya, yaitu karena ketika mengurungnya ia tidak memberinya makan dan tidak pula memberinya minum sebagaimana ia tidak juga melepasnya mencari makan dari serangga-serangga tanah. (Shahih Muslim) Untuk membunuh kucing maka perlu diperhatikan kasusnya, Jika terdapat kucingnya ini merusak atau mengganggu maka hukumnya mubah membunuhnya, Tapi dengan Syarat kucing ini tdk Bunting/Hamil, Karena membunuh kucing hamil sama juga membunuh anak2nya yg tak bersalah. Dan adapun membunuh bukan saat dia merusak ada dua wajah/cara. Yaitu :

Oleh : Ilham Sandy Firtha
Kaum Sarungan, 18 Februari 2012  

2 komentar:

  1. Jika membunuhnya secara tidak sengaja ? hukumnya apa ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya itu gmana ya hukum nya kalau ngga sengaja ?

      Hapus