Selasa, 18 Desember 2012

Apa itu Agama???

AGAMA disebut juga dengan UGAMA dan IGAMA, Karena melihat pemakaian lafadz AGAMA ini dalam bahasa melayu dan Indonesia disebut IGAMA dan UGAMA Ini semua sebab dialek (lajah) dari HADROMAUT YAMAN disebut AGAMA, Coba kita lihat ASSAGAF, BAQIR Sama dengan ASSAQOF, BAQIR dllnya. Nah kalau kita samakan lafadz AGAMA menjadi AQOMA, Dan jika disebut IGAMA/IQOMA adalah dari bentuk masdar IQOMATAN/IQOMA Artinya Mendirikan. Sebagaimana disebut orang2 awam bangsa arab. Maka munasabahnya (kesesuaian) dalam hal ini adalah IGAMA atau IQOMA atau IQOMATUDDIN yaitu sebutan untuk agama dalam bahasa arab sendiri ada 3 :

1.) ADDIN
2.) ASSYARIAH
3.) ALMILLAH

Ke 3 nama ini adalah 1 pada Dzatnya walaupun berlainan pada i'tibarnya.



- Agama dipandang dari sudut wajib di patuhi dan dita'ati adalah disebut ADDIN.

- Sedangkan SYARIAT maknanya adalah sesuatu yang dinyatakan. Maka agama dipandang dari sudut dinyatakan ALLOH kepada para hambaNya disebut SYARIAT atau dinyatakan ALLOH Melalui lidah Rosul-Nya, Inilah yang disebut Syariat.

-Sedangkan ALMILAH menurut lughot ahli hijaz dan bani asad adalah dari Amlaltu yang semakna dengan Amalaitu menurut lughot bani tamim dan qosis artinya : Mengkitabkan atau Mengumpulkan, Jadi artinya ALMILAH adalah peraturan2 yang dikumpulkan.

Sebagaimana keterangan di kitab ASSAYYIDUL JURJANI dalam ta'rifatnya hal 94 : Addiynu wal millatu muttahidaani bidzzaati wa mukhtalifaani bil i'tibaar ilaa akhir...
Artinya :
bermula adapun ADDIN dan ALMILLAH ke2 nya bersatu pada zat dan brlainan pada i'tibar. Maka sesungguhnya agama itu, dipandang dari sudut bahwa ia dipatuhi disebut DIN dan dipandang dari sudut ia dikumpulkan maka disebut Millah.
Dan dipandang dari sudut bahwa ia dibawa kembali tiap persoalan kepadanya maka disebut Madzhab. Dan dikatakan perbdaannya antara ADDIN, ALMILLAH dan ALMADZHAB Aaalah ADDIN dibangsakan kepada ALLOH dan ALMILLAH dibangsakan kepada ROSUL. dan ALMADZHAB dibangsakan kepada para MUJTAHID.

Coba kita Perhatikan Firman ALLOH TA'AALA :
Sesungguhnya ADDIN (Yang diridhoi) di sisi ALLOH adalah ISLAM (Ali-Imron 19)

Katakanlah : Maha benar ALLOH, Maka ikutilah Millah Ibrohim yang lurus dan bukanlah ia termasuk orang2 yang musyrik (Ali-Imron 95)

kemudian kami jadikan kamu berada diatas suatu SYARIAT tentang urusan (agama) Maka ikutilah Syariat itu dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu orang2 yang tidak mengetahui. (ALGHOTSIAH 18)

Sedangkan dalam kitab Minhajul Yaqin Syarah Adabiddun_ya Waddin krangan Al'alim Al'alamah Uwais Wafa Bin Muhammad Bin Ahmad Bin Kholil Bin Daud Arzinjani yg trknal dngn Namanya Khon Zadah Hal 128, Begini artinya :
Agama itu hantaran ILAHI (peraturan2 yang datang dari ALLOH) yang mengiringi bagi mereka yang punya aqal, dengan usaha mereka yang terpuji kepada sesuatu yang berupa kebaikan pada dzatnya dari pada menerima apa yang datang dari Rosululloh Shollallohu 'Alayhi Wa Sallam.

Oleh : Ilham Sandy Firtha
Kaum Sarungan, 12 Februari 2012 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar