Kamis, 16 Mei 2013

Kenapa bacaan Qunut tidak jahar semua?


Pertanyaan Oleh : AlMuzani El Real Cliquers  

Adakah sunat jihar bacaan qunut mulai dari kalimat pertama (allahumah diniy) hingga habis (wabaraka wasalam) ...

Jawab :

kalau setahu saya sunnah dibaca jahr bagi imam pada sholat jama'ah. mulai dari bacaan pertama hingga.. wa qinii birohmatika syarro maa qodhoiit, ketika sampai pada bacaan.. fa innaka taqdhi wa laa yuqdho 'alaik.. sampai akhir dibaca sirr bersama sama imam dan makmum.

saya cari cari di kitab fiqh ama hadits (ayatul ahkam syarah bulughul marom) eh ketemunya di al muhadzab.. ini ibarotnya..

ruwiya ibnu abbas ra... qoola qonata Rosulullahi shollallahu 'alaihi wa sallam... wa kaana yu'minu man kholfahu wayustahabu lahu anyusyaarikahu fi atstsanaa li annahu laa yushliha atta'miinu 'alaa dzalika fa kaanat al musyaarokuhu aula..

terjemahan bebasnya begini...

diriwayatkan dari ibnu abbas ra berkata "telah qunut Rosulullah shollallahu 'alaih wa sallam dan orang yang dibelakangnya mengamini... dan disunahkan bagi makmum bersama sama imam dalam membaca "atstsanaa" (wa qinaa syarro maa qodhoiit... dst) . karena pujian /atstsanaa itu tidak semestinya diamini. karena itu membaca bersama sama itu lebih utama (almuhadzab juz awwal halaman 82)
(Solihin Gubes)


Kaum Sarungan, 10 Agustus 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar