Rabu, 22 Mei 2013

Bolehkah berkumur-kumur ketika puasa?


Pertanyaan Oleh : Ferry Andreany D'tungangs

Assalam...
Berkumur" siang hari dalam bulan ramadhan diperbolehkan gak ?
Wassalam. . . !

Jawab :

Kalau berkumur saat wudhu boleh. Tapi kalau sengaja kumur maka makruh. karena dikhawatirkan ke telan... sebenarnya kalau kita kumur2 kemungkinan air masuk ke tenggorokan sangat besar walaupun tidak sengaja dan dengan jumlah sangat sedikit. air yang tersisa ketika berkumur kumur kemungkinan besar pasti ada. itulah pada dasarnya berkumur kumur tanpa sebab, misalnya karena wudhu itu makruh. Kenapa ketika wudhu tidak makruh?... karena berkumur kumur dalam wudhu itu termasuk sunnah.

sebenarnya tidak ada larangan berkumur kumur ketika wudhu dalam puasa. jangankan berkumur kumur, bersiwak /gosok gigi pun hukumnya boleh kecuali setelah tergelincirnya matahari ke barat hukumnya makruh karena bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah dari minyak misik.
tidak ada riwayat Rosulullah atau sahabat meninggalkan berkumur kumur dalam wudhu ketika puasa. itu artinya tetap sunnah. yang dilarang adalah berkumur kumur dengan sangat sampai masuknya air ke tenggorokan walaupun tidak ditelan dan menghirup air ke hidung.

Ketika berpuasa, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga berkumur-kumur dan membasuh hidung, namun tidak sampai berlebih-lebihan. 
At Tirmidizi membawakan Bab ‘ Dimakruhkannya berlebih-lebihan dalam beristinsyaq (memasukkan dalam air hidung) ketika berpuasa‘. Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,ً
“ Sempurnakanlah wudhu dan basuhlah celah-celah jari. Bersungguh-sungguhlah dalam beristinsyaq (memasukkan air dalam hidung) kecuali jika engkau berpuasa. ” (HR. Abu Daud,Tirmidzi, An Nasa’i, Ibnu Majah)

Ibnu Hajar mengatakan, “Jika dikhawatirkan sehabis bersiwak terdapat sesuatu yang basah berada di mulut (seperti air yang tersisa sesudah berkumur-kumur masih ada di mulut), maka itu tidak membatalkan puasa walaupun sesuatu yang basah tersebut ikut tertelan.” ( Fathul Bari, 6/183)
(Solihin Gubes)

Kaum Sarungan, 4 Agustus 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar