Selasa, 13 November 2012

Apakah Tauhid itu?


tauhid,,, simpelnya.. mengESAkan Allah..
inti dr tauhid ntu ada dlm QS. Al Ikhlas

Allah ahad pd zat, sifat n prbuatan'a.

Ahad pd zat : misal ade, ade neh ada terlihat 1 tp ada unsur lain spt ada 2 mata, 2 tangan, jd walau terlihat 1 tp sebenernya tdk 1. zat Allah ahad  tdk ada yg lain.
Pesannya : Jangan berfikir ttg zat Allah

Ahad pd perbuatannya : tdk ada yg bs  menyamai prbuatan Allah, misal Allah menciptakan nyamuk, manusia ga da yg bs buat kn?

Ahad pd sifat2NYA, yi kekal. Semua makhluk pasti pernah mati kec Allah..

Ahad utk di sembah.
(Adelia Fitria)

Adelia ...Ooh Gtu yah de, Berarti Ahad itu Tidak terdiri dari satu kesatuan atau unsur. Seperti Contohnya : ALLOH Itu Ahad bukan Satu, Karena bila dkatakan ALLOH 1 maka masih bisa trdiri dari unsur atau bgian2 contohnya : 1 motor, 1 Motor ini masih trdiri dari beberapa bgian yaitu stank, ban dll, Dan cntohnya 1 atom masih terdiri dari beberapa unsur yaitu newton, proton, elektron.
Jadi ALLOHU AHAD bukan ALLOH SATU. Maksudnya Esa dari Dzat, sifat, perbuatan.

Seperti yg dkatakan Muhammad Akmal ifradul ma'bud bil i'tiqadi,wahdatihi zatan,sifatan wa af'alan yang artinya : Mengesakan yg dismbah dngn meyaqini keesaan-NYA, scara Dzat, sifat dan perbuatan-NYA.


Dalam kitab Risaalatu Qusayriyyah Lil Imaami Abil Qosim 'Abdil Kariim Bin Hawaazin Alqusayri hal 18 djelaskan tntang Tauhid :
aku mendngar Abu Haatim Assajastaaniyy ia berkata : Aku mndngar Abu Nasr Atthuwsiyy Assirooj ia menceritakan dari Yusuf Bin Husain ia berkata :
Telah brdiri seorang lelaki di antara k2 tngan Dzannun Al-Misri,

Maka ia bertanya : Berikanlah kabar olehmu akan diriku tentang tauhid ? Maa Huwa (Apakah itu Tauhid) ?

Maka Dzannun Al-Misri berkata :
Tauhid itu adalah kau mengetahui/meyaqini akan kekuasaan ALLOH TA'AALA pada sgala sesuatu dngn tanpa campuran (bantuan) siapapun, dan penciptaan-Nya pada stiap sesuatu dng tanpa kekurangan /pnyakit/cacat, Dan sgala sbab akibat sesuatu Dialah yang menciptakan-Nya, dan tdk ada sbab akibat karena Dialah yang telah menciptakan-Nya,
Dan tidak ada di dlam langit yg pling tinggi dan tidak ada di bumi yg paling dalam/rndah yang mengatur melainkan ALLOH.
Dan pada stiap bntuk didalam sangkaan engkau tentang ALLOH, Maka bg ALLOH Itu berbda (tdk sama) dngn yg dmikian maksudnya ALLOH berbda dngn yg lainnya.

Wallohu'alam bisshowaab...^_^
(Ilham Sandy Firtha)


Kaum Sarungan, 15 Februari 2012 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar