Kamis, 01 November 2012

Makna Arrohman dan Arrahim dalam Basmalah


Bismillah...adapun Sifat ARROHMAN (pemberian/pengasihan-Nya) itu meliputi smua makhluqnya yang berada didunia baik yang muslim beriman atau yg tidak beriman, kemudian disusul dngn kata sifat yang kedua yaitu ARROHIM Yang mana kalimat ini hanya khusus bgi hamba2-Nya yang beriman, Jikalau sifat ARROHIM Ini dberikan kepada smuanya kpd Makhluq lalu apa bedanya hamba2-Nya yang beriman dan yang tidak beriman yaitu orang2 kafir???

Kembali ke Sifat ALLOH ARROHMAN DAN ARROHIM, 2 sifat ini dsbut Asmaa_ul 'Azhom (Nama2 yg besar) meliputi nama2 sfat Alloh yg ada, memang benar Alloh Ta'aala mempunyai 99 nama di dalam ALQUR'AN, tapi perlu di ingat...lafadz basmalah ini meliputi nama2 sifat yg lainnya.
Karena basmalah adalah memberikan keberkahan yang banyak bg makhluqnya, siapa yg menybutnya maka akan hasil sgla cita2nya, maka siapa yg melazimkannya akan memperoleh penerimaannya.
Karena dikatakan kitab2 yg dturunkan dari langit ke bumi itu ada 104, 60 untuk suhuf nabi SIS, 30 Suhuf untuk Nabi Ibrohim As, 10 suhuf untuk Nabi Musa sblum Taurot, dan sisanya yg 4 adalah TAUROT, INJIL, ZABUR dan ALQUR'AN. Dan maknanya semua kitab tsb dikumpulkan di dalam ALQUR'AN, Dan makna ALQUR'AN dkumpulkan di dalam Surat ALFATIHA, Dan di dalam ALFATIHA Dikumpulkan maknanya di dalam lafadz BASMALAH, Dan makna Basmalah dkumpulkan pada di dalam huruf BA.

Nah klo sudah begini jelaslah sudah, bhwa lafadz BISMILLAHIRROHMANIRROHIM Ini adalah meliputi atau mewakili segala nama2 yg ada. Jika kamu masih kurang puas maka ingatlah perkataan Imam Nawawi di dalam Tafsir MARAH LABID, berkata Sayyiduna Abu Bakr Shidiq RA :
FI KULLI KITAABIN SIRRUN WA SIRRULLOHI FIL QUR'ANI AWA_ILUS SUWAR artinya :
Didalam stiap kitab itu ada Rahasia dan Rahasia Alloh ada di dalam Awal2 surat.

Dan jika kamu blum puas juga dngn jawaban ana, Maka bertaqwalah kepada-Nya biar Alloh yg langsung mengajarkan.

Afwan semoga bermanfaat,
Wallohu 'Alam Bisshowab...Walloha Nasta'inu

Oleh : Ilham Sandy Firtha
Kaum Sarungan, 14 Januari 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar