Selasa, 06 November 2012

Bagaimana agar tidak malas beribadah?

Pertanyaan Oleh : Amalieah Machmoed

ada teman suka mengulur waktu sholat smp kluar waktu na,,,dia mengeluh bagaimana cara na menghilangkan penyakit buruk ini,kasih solusi donk!!!

Jawaban :

Terjadi tanaqudh (kontradiktif) antara "mengeluh" dan "mengulur waktu" artinya, keluhannya tidak sampai ke hati. Kalau ia menyesal dan tidak senang dengan penundaannya dengan sepenuh hatinya, penundaan ini tidak akan terjadi, karena dia yang mengatur waktu, bukan waktu yang mengatur kita.
Dalam hal ibadah, bila belum menjadi jiwa kita, maka hanya pemaksaan yang dapat menunaikannya.
Maaf kalau penilaian kami keliru ^_^ 
menghilangkannya gmn? Mujahadah, berusaha sungguh2. (Sisa Daweut Gata)


Segera bertobat ukhti dan mengqodo sholat yg ia tnggalkan dan memohon selalu kepada ALLOH TA'AALA taufiq dan hidayah-Nya, Agar jngan sampai masuk dlam golongan orang2 yg lalai dlm sholatnya Nau'dzu billah min dzalik, sbgaimana dlam firman-Nya : maka neraka wail bg orang2 yg sholat, yg menunda nunda sholat sampai keluar dari waktunya yg tlah dtntukan. (Qs : AL-MAUN 4-5) (Ilham Sandy Firtha)

Orang bisa karna mau mencoba dan membiasakannya. Coba deh dirinya dipaksa membiasakannya. Insya Allah bila dia benar2 bersungguh2 mk Allah pasti akan memudahkan jalan baginya.

tidak ada solusi terbaik bila diri tidak bersungguh2 dlm berniat, karna solusi terbesar yg mampu merubah dan memberi motivasi untuknya hanyalah kesungguhan hatinya akan beribadah tepat pada waktunya. Afwan bila tiada berkenan dihati, syukron ^_^ (Taman Hati)

Kenalkan ia dgn majlis ilmu,nasihatkannya dgn kelembutan seperti yg diajarkan Rasulullah sallallahu 'alaihi wasallam,seiring dgn itu dOakan dia,, satu bentuk tauladan yg baik,lebih bernilai dari seribu kata nasihat jadi tunjukkan dgn mencontohi akhlak yg baik padanya sampai hatinya terpaut.. ”Ingatlah, di dalam tubuh manusia ada segumpal daging, jika ia baik, baiklah seluruh tubuh nya. Dan jika ia rosak, rosaklah seluruh tubuhnya. Sesunggoh nya, daging itu adalah hati.”
(HR Bukhari dan Muslim) karena penyakit hati itu yg mnyebabkan seseorang jauh dari Allah,kuncinya zikrullah karena ia adalah salah satu cara untuk membersihkan hati,, Hati itu diumpamakan seperti raja dan anggota badan itu diumpamakan seperti rakyat. Jika raja baik, baiklah rakyatnya, jika raja sejahtera, sejahteralah rakyatnya begitu juga sebaliknya.. (sekadar peringatan buat diri ana).. maaf jika tiada berkenan dihati.. (Ibnu Samsudin bin Elyas)

Kaum Sarungan, 12 Januari 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar