Senin, 09 September 2013

DUA PERKARA (BAGUS) YANG DIBENCI ANAK ADAM



Dari Mahmud bin Labid bahwa Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam bersabda, "DUA PERKARA yang dibenci anak Adam, (pertama) KEMATIAN, padahal kematian itu lebih baik bagi seorang Mukmin daripada fitnah (kesesatan di dalam beragama). (Kedua) SEDIKIT HARTA, padahal sedikit harta itu lebih menyedikitkan hisab" (HR. Ahmad, dll.)

Para sahabat radhiyallahu 'anhum
sangat memahami hal ini.

Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu
'anhu berkata, "Demi Allah yang tidak ada ilah yang haq kecuali Dia. Tidak satu jiwapun yang mati kecuali KEMATIAN lebih baik darinya. Jika dia seorang yang berbakti, maka
sesungguhnya Allah ta'ala berfirman
(yang artinya): 'Dan apa yang di sisi Allah adalah lebih baik bagi orang-orang yang berbakti' (QS. Ali Imran: 198)
Jika dia seorang yang fajir (jahat), maka
sesungguhnya Allah ta'ala berfirman (yang artinya): 'Janganlah sekali-kali orang-orang kafir menyangka, bahwa pemberian tangguh Kami kepada mereka adalah lebih baik bagi mereka. Sesungguhnya Kami memberi tangguh kepada mereka hanyalah supaya bertambah-tambah dosa mereka' (QS. Ali Imran: 178)" (Riwayat Thabrani, dll)

Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu
'anhu jg berkata, "Alangkah bagusnya dua berkara yang dibenci (yaitu) kematian dan kefakiran. Demi Allah, ketahuilah sesungguhnya kekayaan atau kemiskinan, aku tidak peduli dengan yang mana aku diuji. Jika aku diuji dengan kekayaan, maka sesungguhnya di dalam kekayaan itu untuk menolong (orang lain). Jika aku diuji dgn kefakiran, maka sesungguhnya di dalam kefakiran itu untuk kesabaran" (Riwayat Thabrani, Ahmad, dll)

Allah subhanahu wa ta'ala berfirman,
"... Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu. Dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui" (QS. Al Baqarah: 216)

**Belajar IKHLAS...

Oleh : Solihin Gubes
Kaum Sarungan, 20 September 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar